Untuk 100 Tokoh HUT Lampost

Hey Lampost, Sejarah Memang tak akan Pernah Linier

Bagaimana memaknai hari ulang tahun? Menurut saya, hari yang bersejarah macam ulang tahun sejatinya harus dimaknai dengan penuh makna. Makna apa yang dimaknai? Ini yang kemudian boleh saja berbeda antara satu pengulang-tahun dengan pengulang-tahun yang lain. Lampost nampaknya memilih untuk memaknai ulang tahunnya dengan merilis buku bertajuk, “100 Tokoh Terkemuka Lampung.”

Lampost memang koran harian paling tua di Lampung. 10 Agustus 2008 kemarin sudah 34 tahun Lampost eksis. Tak pantas mendebat hal yang kuantitatif semacam 34 tahun itu. Konsekuensinya, sudah 34 tahun Lampost menorehkan warna dalam babak peradaban Lampung dan pastinya sudah banyak kontribusi yang diberikan Lampost atau apapun/siapapun yang menggunakan wahana ‘ke-Lampost-an’ atau paling tidak ber-sirempet dengan Lampost. Pokoknya Lampost sudah berkontribusi.

Dan Lampost memilih merayakan HUT-nya dengan menulis buku. Sebuah pilihan yang (terasa sangat) sederhana, tak neko-neko. Dan memang sangat-sangat pantas (kerabat kerja) Lampost menulis.

Dalam aktivitas kewartawanan, menulis adalah main event-nya. Lampost memilih melakukan sesuatu yang paling dikuasai kru-nya yakni; MENULIS..!! Walau kemudian masih dibumbui dengan segala keindahan istilah seperti pendokumentasian sejarah, merekam jejak dan segala macam istilah keren lain, tapi yang pasti, Lampost memilih untuk menulis.

Kita semua mafhum, siapapun yang ingin abadi dan tak pernah mati, maka menulis adalah hal yang harus dilakukan. Kalau kita tidak menulis, maka kita dikategorisasikan sebagai ‘Pra-sejarah’. Maka dilupakan adalah sebuah keniscayaan.

Menulis membuat kita punya peluang untuk masuk dalam ‘Sejarah’. Menciptakan momen yang ‘bersejarah’ dan yang paling mentereng tentu dianggap sebagai ‘Pelaku Sejarah’. Dan wartawan adalah seorang penulis. Jangan pernah mencoba mengaku sebagai wartawan kalau tak becus apalagi tak pernah menulis.

“Kami akui, ide penyusunan buku ini terinspirasi oleh bukunya Michael Hart yang fenomenal dan kontroversial itu,” ujar Heri Wardoyo, Ketua Tim Penulis Buku. Walau kemudian Sabam Sinaga, Wapemred Lampost, menegaskan bahwa buku ini (sebisa mungkin) hanya memaktubkan nilai-nilai protagonis saja alih-alih mengail kontroversi dengan mengulik sisi-sisi antagonis tokohnya. Simpelnya, buku Lampost ingin memberi kontribusi positif (dalam penyikapan) ketimbang ‘cari ribut’.

Kenapa pula harus ribut dan kontroversial? Rupanya memang sudah dari sono-nya, lebih mudah menuding dan meributkan ketimbang menolong dan ikut membangun. Toh, credit point dan yang hebat-hebat akan menjadi milik Lampost. Tapi Kholid Lubis, Ketua Panitia HUT, menyatakan buku ini berisi, “Tokohnya Lampung, bukan tokohnya Lampost.”

Kontroversial? Why not. Hal yang paling fitrah sekalipun pastinya masih bisa dikontroversialkan karena kita masih manusia yang punya daya pikir. “Jika dua manusia yang bisa berpikir berdiskusi mengenai satu hal, maka sedikit-dikitnya bakal ada tiga pendapat,” ujar-ujarnya.

Pasal 100 tokohnya Lampost kok belum sreg misalnya, hayo berkontroversi, berdebat dan berbeda pendapat. Kenapa misalnya Arzeti Biblina dianggap ‘Tokoh’, tapi Chelsea Olivia dianggap belum pantas ditokohkan. Kenapa pulak Aburizal Bakrie bisa masuk buku, sementara Syamsul Nursalim atawa Artalyta Suryani kok masuk dalam daftar coret. Berdebatlah dengan sepenuh hati, dengan sepenuh jiwa dan protes keras jika Anda merasa ‘Tokoh’ tapi kok Lampost alpa memasukkan nama Anda. Tak ada yang salah dengan kontroversi kan.

Jika bercermin dengan bukunya Hart, maka kontroversi adalah judul pembuka dan pencipta buku itu menjadi fenomenal. Kenapa Rasulullah SAW diletakkan di pemuncak, sementara Yesus malah ada di nomor tiga. Kontroversial kan, tapi buku tersebut sekarang jadi buku yang sangat mengayakan wawasan untuk dibaca-baca. Bahkan kerap pula dijadikan rujukan.

Begitu juga dengan 100 tokohnya Lampost. Lepas dari segala kontroversi yang (ngakunya) coba dihindari tapi pasti selalu ada kontroversi, buku tersebut nampaknya akan cukup dapat sedikit mengenyangkan dahaga atas buku bacaan tentang Lampung yang memang masih sangat-sangat sedikit saat ini.

Jika misalnya ada yang tidak puas dan kemudian menulis buku 100 tokoh versi tandingan, bukanlah sebuah hal yang haram. Sah-sah saja lah.
Nampaknya paling pas menutup tulisan ini dengan mengutip kata-katanya Heri Wardoyo, “(Tulisan) Sejarah memang tak akan pernah linier.” Karena kalau tulisan tersebut benar-benar linier, bisa langsung dipastikan bahwa itu fiksi bahkan bohong.

Ada yang mau menandingi Lampost? Untuk pasal itu, Lampost yang harus siap-siap. Pengalaman kenyang 34 tahun eksis adalah modal yang sangat berharga untuk terus menjadi pelaku sejarah. Selamat HUT ke-34 untuk Lampost.

*) tulisan ini dimuat di Harian LAMPUNG EKSPRES plus edisi 20 Agustus 2008